Home » , » Cara Blokir Aplikasi Melalui Firewall

Cara Blokir Aplikasi Melalui Firewall

Cara Blokir Aplikasi Melalui Firewall - Firewall atau dinding api adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Umumnya, sebuah tembok-api diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dengan jaringan Internet. Tembok-api digunakan untuk membatasi atau mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua macam jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet dan juga tentu saja jaringan berbadan hukum di dalamnya, maka perlindungan terhadap perangkat digital perusahaan tersebut dari serangan para peretas, pemata-mata, ataupun pencuri data lainnya, menjadi kenyataan.

Fungsi Windows firewall dimaksudkan untuk keperluan memblokir aplikasi di komputer yang pada masa tertentu meminta untuk update. Jika anda menginstall sebuah aplikasi, biasanya opsi update akan disetting secara default. Agar ini tak mengganggu kenyamanan, apalagi jika kita tak perlu untuk melakukan update, maka bisa dimatikan melalui Windows firewall.


Cara memblokir aplikasi menggunakan Windows firewall, mari kita ikuti langkah-langkah berikut ini. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sesuai OS yang anda gunakan. Berikut ulasannya.




Cara I

~  Untuk membuka windows firewall bisa melalui control panel, lalu pilih Windows Firewall lalu menuju Advanced Security. Bisa juga melalui tombol (Windows + R) lalu muncul kotak Run, lalu ketik wf.msc lalu OK/Enter, (muncul jendela Windows Firewall dalam Advanced Security).

~  Berikutnya klik Outbound Rules (jedela sebelah kiri), lalu klik New Rule (sisi kanan)

~  Selanjutnya pada New Outbound Rule Wizard, pilih Program > Next.

~  Klik pada tombol Browse untuk menelusuri file program atau bisa mengetik secara manual nama file dari program yang ingin di blok, kemudian klik next.
  
~  Di Jendela Action, pilih Block the connection >  Next.

~  Pada jendela Profile, beri
centang untuk semua.

~  Pada jendela Name, beri nama aturan baru seperti Blok Explorer dan klik Finish.


Cara II  (Windows 7)

*  Masuk ke  Control Panel, lalu pilih System and Security.

*  Pada bagian Windows Firewall, lalu pilih Allow a program through Windows Firewall.

*  Beri tanda centang pada nama aplikasi. Anda bisa mencari nama program yang hendak di blok yang tidak terdapat pada daftar, klik tombol Allow another program dan juga bisa klik tombol Browse, silakan pilih file programnya.


Cara III  (Windows XP)

1. Buka Control Panel.

2. Kemudian pilih > Security Center.

3. Pada security settings, lalu pilih Windows Firewall.

4. Pilih pada tab "Exceptions"

5. Jika program tidak ada pada daftar/list, pilih Add Program.

6. Centang (chek) untuk mengijinkan aplikasi (allow access to the network)

7. Untuk blok akses maka buang tanda centang (unchek untuk block access).

SEMOGA BERMANFAAT

0 comments:

Post a Comment

Silahakan berkomentar yang baik dan sopan karena blog ini adalah Blog Dofollow. "Anda Sopan Kami Segan"

Komentar Tidak akan di Tampilkan dan Akan dihapus jika :
» Menyisipkan Link dalam komentar / Meyertakan Nama Blog dalam Komentar. (jangan Menulis Blog anda dalam komentar, karna itu adalah SPAM) tidak akan di tampilkan dan akan di hapus
» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara,Kasar,Pornografi,Caci Maki (yg Bukan dari Mulut Manusia) Menyinggung.dll)
» Duplikat komentar(komen yang sama)
» Pertanyaan/komentar tidak berkaitan dengan artikel

Google+ Followers