Cara Mengunci USB Storage

Posted by Rudy Susetyahadi on October 08, 2012

Cara Mengunci USB Storage - Ada kalanya kita membutuhkan suatu cara agar port USB storage yang ada di komputer tidak bisa digunakan, atau ingin membatasi agar data di komputer tidak bisa di copy atau dipindah ke USB Storage semisal Flashdisk. Bagaimana caranya untuk melakukan hal tersebut? Gunakan saja software kecil dan portable Kunci USB.
Kunci USB adalah sebuah program kecil sederhana (mini software, berukuran 70 KB) yang saya sengaja saya kembangkan untuk mengunci (lock) port (colokan) USB agar perangkat USB (penyimpan data) tidak bisa digunakan. Program sederhana ini mempunyai fitur sebagai berikut:

  • Enable USB Storage, untuk mengaktifkan penggunaan USB, jika di pilih maka USB bisa digunakan dengan normal
  • Disable USB Storage, untuk mematikan(mengunci) penggunaan USB, jika dipilih maka perangkat USB semisal flashdisk, hardisk eksternal tidak akan terdeteksi windows
  • Write Protect USB Storage, untuk membuat USB Storage menjadi “write protected”, sehingga USB storage tidak bisa di tulis maupun dihapus. Pengguna hanya bisa membaca data di USB, tetapi tidak bisa mengisi/copy data ke USB dan juga menghapus datanya.
  • Password sederhana untuk mengunci (membatasi) akses penggunaan program ini
 


Program ini cukup sederhana, tidak perlu install untuk menggunakannya. Ketika menjalankan program pertama kali, pengguna akan diminta password. Ulangi pengisian password 2 kali, selanjutnya program bisa digunakan. Untuk membuka program ini, klik kanan icon KunciUSB yang ada di “systray” atau double klik icon Kunci USB, selanjutnya isikan password yang sebelumnya sudah diisi.
Untuk bisa memanfaatkan/mendapatkan fitur Kunci USB, maka pengguna harus mempunyai hak akses administrator. Jika dijalankan dan ada pesan error mengenai “administrator right”, coba dijalankan melalui klik kanan dan run as administrator.
Perangkat USB (Flashdisk, hardisk eksternal) yang akan terkena efek hanya yang terpasang setelah penggunaan program ini. Jika flashdisk sudah terpasang sebelumnya, dan program ini diakstifkan, maka tidak akan terkena efeknya (masih tetap bisa digunakan). Ketika “write protect USB Storage” dipilih, maka data di flashdisk tidak akan bisa di hapus (menu Delete tidak ada). Selain itu copy data ke flashdisk juga tidak bisa, muncul pesan sebagai berikut:





Pesan diatas akan tampil jika pengguna mencoba meng-copy data ke flashdisk. Untuk mengembalikan fungsi USB ke keadaan normal, langsung pilih opsi “Enable USB Storage”. Program Kunci USB ini bisa dijalankan di Windows XP keatas. Jika ada pertanyaan, masukan, saran atau kesalahan program silahkan disampaikan.





Semoga Bermanfaat

source


PERHATIAN..!!

Untuk cara downloadnya Anda akan diarahkan ke adf.ly kemudian tunggu 5 detik dan cari tombol SKIP AD yang berada di sebelah kanan atas monitor anda.

Artikel Terkait

Penulis: Rudy Susetyahadi ~ FREE DOWNLOAD SOFTWARE FULL|TIPS AND TRICK|WINDOWS|BLOGGER|INTERNET|NOKIA|ANDROID

Artikel Cara Mengunci USB Storage ini dipublish oleh Rudy Susetyahadi pada hari October 08, 2012.Semua Artikel yang saya buat tanpa ada maksud untuk "menggurui" ataupun menjadi orang yang "sok pintar", Manusia tidak ada yang sempurna karena sesungguhnya kesmpurnaan itu hanya ALLAHU S.W.T. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

:: Get this widget ! ::

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahakan berkomentar yang baik dan sopan karena blog ini adalah Blog Dofollow. "Anda Sopan Kami Segan"

Komentar Tidak akan di Tampilkan dan Akan dihapus jika :
» Menyisipkan Link dalam komentar / Meyertakan Nama Blog dalam Komentar. (jangan Menulis Blog anda dalam komentar, karna itu adalah SPAM) tidak akan di tampilkan dan akan di hapus
» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara,Kasar,Pornografi,Caci Maki (yg Bukan dari Mulut Manusia) Menyinggung.dll)
» Duplikat komentar(komen yang sama)
» Pertanyaan/komentar tidak berkaitan dengan artikel