Tips Penting Burning CD/DVD

Posted by Rudy Susetyahadi on March 27, 2012


Meskipun proses burning DVD ini sangat mudah dengan berbagai software gratis yang bisa kita gunakan, tetapi ada hal-hal yang sebaiknya diketahui dan diperhatikan sebelum mem-burning DVD termasuk CD. berikut beberapa tips yang penting dan sebaiknya diketahui.


Tips Penting Burning CD/DVD - Saat ini hampir setiap komputer baik desktop (PC) maupun laptop selalu menyertakan DVD Drive yang bisa digunakan untuk membakar (menyimpan data) ke DVD. Meskipun jarang dilakukan, tetapi proses Burning DVD ini penting terutama untuk menyimpan data penting (backup), membuat VCD/Video DVD dan lainnya.


Pilih Media (keping DVD) yang baik

“Kualitas sebanding dengan harga”, mungkin kurang lebih seperti itu. Jika kita ingin menyimpan data sangat penting dan tidak memerlukan banyak DVD, sebaiknya memilih keping DVD yang berkualitas (paling mudah dengan melihat melalui harganya). Sebelumnya saya pernah mengulas tentang berbagai tipe atau jenis DVD, bisa Mengetahui Informasi Lebih Detail CD/DVD-ROM/RW

Cek permukaan DVD sebelum burning

Meskipun baru, kadang ada beberapa keping yang bermasalah. Untuk itulah sebelum burning cek permukaan DVD atau CD akan adanya kerusakan seperti goresan, retakan, titik-titik hitam atau kosong dan sebagainya yang masih terlihat. Jika terlihat hal-hal seperti itu, sebaiknya mengganti dengan keping CD/DVD yang lain.

Hindari sentuh permukaan dalam DVD

Tangan kita terkadang kotor baik oleh debu, minyak dan lainnya yang bisa berpengaruh ke permukaan DVD. Untuk itu pastikan memegang bagian tepi dan melalui lubang DVD yang ada.

Hindari mengusap Permukaan DVD

Mengusap permukaan DVD terkadang bisa membuat goresan permukaan DVD. Tetapi jika memang diperlukan, usap dengan kain yang lembut dan jangan mengusap secara melingkar, tetapi tegak lurus keluar dari tengah dan hindari memegang permukaan dalam keping CD/DVD. Baca juga ulasan saya sebelumnya tentang Berbagai tips membersihkan/memperbaiki CD-DVD yang tergores

Tutup aplikasi lain ketika burning

Meskipun saat ini CPU sudah mampu memproses banyak aplikasi/program sekaligus, tetapi tetap disarankan untuk menutup sementara aplikasi lain yang berjalan, terutama yang tidak penting dan bisa dilanjutkan setelah burning. Bahkan aplikasi semisal antivirus kalau memungkinkan di hentikan saja sementara, dan jika ingin melakukan scan, lakukan sebelum data di burning ke DVD.

Burning pada kecepatan yang rendah

Meskipun hal ini masih menjadi perdebatan, apakah berpengaruh antara kecepatan tinggi dan rendah, tetapi tetap disarankan burning dengan kecepatan rendah. Tidak harus paling rendah, tetapi untuk amannya, usahakan dibawah maksimum kemampuan keping DVD. Terutama keping DVD dengan label kecepatan tinggi semisal 16x, 20x, 24x.




Dan perlu diperhatikan bahwa perkalian burning CD dan DVD mempunyai kecepatan yang berbeda. Untuk DVD 1x sama dengan sekitar 156 KB/s sedangkan untuk DVD 1x sama dengan sekitar 1.4 MB/s. Jadi perkalian kecepatan burning DVD sekitar 9,7 kali lebih cepat daripada CD. Misalnya burning DVD dengan kecepatan 2x, artinya kecepatan sekitar 2.8 MB/s (kalau 2x untuk CD hanya 302 KB/s) Oleh karena itu baik keping CD atau CD drive bisa mencapai 48x, 52x sedangkan DVD (baik keping atau DVD Drive) hanya 4x, 8x, 12x, 16x atau 24x.

Verify setelah selesai

Verify adalah melakukan pengecekan ulang setelah DVD selesai di burning. Biasanya opsi ini ada di beberapa software burning, meskipun waktu yang diperlukan akan bertambah lama, tetapi ini untuk memastikan bahwa data yang kita burning bisa terbaca semuanya apalagi jika hanya burning satu DVD saja.




Cek atau upgrade Firmware

Firmware merupakan instruksi atau semacam program yang terpasang di Chip DVD drive. Ada kalanya kita perlu mengecek akan adanya firmware baru dari vendor DVD Drive yang kita beli. Adanya rilis baru bisa terjadi karena beberapa alasan semisal peningkatan atau perbaikan performa DVD Drive atau kompatibilitas dengan keping DVD tertentu.
Tetapi harus dipastikan firmware cocok dengan tipe DVD drive yang kita gunakan. Dan jika selama ini tidak ada masalah, upgrade ini bisa kita abaikan.

Pastikan Free space hardisk cukup

Burning DVD terkadang memerlukan space hardisk yang cukup besar, apalagi ketika membuat Video DVD bisa lebih dari 10 GB ketika ingin burning satu DVD. Dan disarankan untuk melakukan defragment hardisk jika sudah lama tidak dilakukan, karena adanya fragmentasi hardisk akan memperlambat akses data, sehingga bisa berpengaruh ke proses burning CD/DVD.





 Semoga Bermanfaat
PERHATIAN..!!

Untuk cara downloadnya Anda akan diarahkan ke adf.ly kemudian tunggu 5 detik dan cari tombol SKIP AD yang berada di sebelah kanan atas monitor anda.

Artikel Terkait

Penulis: Rudy Susetyahadi ~ FREE DOWNLOAD SOFTWARE FULL|TIPS AND TRICK|WINDOWS|BLOGGER|INTERNET|NOKIA|ANDROID

Artikel Tips Penting Burning CD/DVD ini dipublish oleh Rudy Susetyahadi pada hari March 27, 2012.Semua Artikel yang saya buat tanpa ada maksud untuk "menggurui" ataupun menjadi orang yang "sok pintar", Manusia tidak ada yang sempurna karena sesungguhnya kesmpurnaan itu hanya ALLAHU S.W.T. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

:: Get this widget ! ::

{ 2 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahakan berkomentar yang baik dan sopan karena blog ini adalah Blog Dofollow. "Anda Sopan Kami Segan"

Komentar Tidak akan di Tampilkan dan Akan dihapus jika :
» Menyisipkan Link dalam komentar / Meyertakan Nama Blog dalam Komentar. (jangan Menulis Blog anda dalam komentar, karna itu adalah SPAM) tidak akan di tampilkan dan akan di hapus
» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara,Kasar,Pornografi,Caci Maki (yg Bukan dari Mulut Manusia) Menyinggung.dll)
» Duplikat komentar(komen yang sama)
» Pertanyaan/komentar tidak berkaitan dengan artikel