Kepulauan Indonesia Berbentuk Perahu Pinisi

Posted by Rudy Susetyahadi on January 25, 2012

Kepulauan Indonesia Berbentuk Perahu Pinisi - Tahukan anda jika jajaran pulau di Nusantara kita yang terbentang dari sabang sampai merauke berbentuk layaknya sebuah perahu pinisi.



Berikut beberapa gambaran tentang bentuk pulau-pulau di Indonesia:

Pulau Sumatera (andalas) sebagai haluan perahu yang terdepan dicerminkan dari orang-orang sumatera yang identik dengan karakter yang keras dan memiliki pengetahuan untuk memecahkan gelombang samudera kehidupan di Indonesia dalam hal politik dan hukum.

Pulau Jawa sebagai badan perahu (dek) dicerminkan sebagai tempat keberadaan Nahkoda dan ABK kapal yang membawa Perahu Indonesia menyeberangi samudera. Itu dapat dilihat dari pusat lembaga pemerintahaan yang berada di pulau Jawa. Dan sampai saat ini Kepala Pemerintahan masih dijabat oleh orang jawa.

Pulau Bali dan Nusa Tenggara lainnya sebagai baling-baling atau dayung yang mendorong dan menghantarkan Perahu Indonesia ke samudera luas (dunia internasional). Seperti kita tahu, pulau Bali dan Nusa Tenggara dikenal oleh dunia internasional melalui keindahan panorama dan ekosistemnya.

Pulau Kalimantan (borneo) sebagai layar Perahu Indonesia yang memiliki fungsi menjaga keseimbangan perahu di tengah-tengah kerasnya gelombang samudera. Melalui sumber daya alam yang terdapat di pulau tersebut ikut menunjang perekonomian Indonesia.

Pulau Sulawesi (selebes) sebagai tiang bendera dan Maluku sebagai bendera perahu Indonesia. Sebagai gambaran apabila kita yang berada di daratan ketika melihat perahu di tengah lautan, maka yang terlihat pertama adalah bendera dan tiang perahu. Bila ditarik dari sejarah dahulu Maluku merupakan wilayah Indonesia yang pertama kali menarik perhatian bangsa-bangsa asing untuk bisa menguasai wilayah tersebut karena memiliki "buah emas" (rempah-rempah) yang merupakan kekayaan alam Indonesia.

Pulau Irian sebagai buritan sekaligus tempat menyimpan barang-barang bawaan perahu sebagai kebutuhan-kebutuhan bagi penumpang perahu. Sebagai perwujudan pulau Irian memiliki kandungan sumber daya alam yang berlimpah baik dari segi pertambangan maupun dari segi lainnya.

Pulau-pulau kecil lainnya merupakan satu kesatuan dari badan perahu yang turut menjadikan elok dan gagahnya bahtera Indonesia. Gambaran mengenai Indonesia sebagai perahu karena Indonesia merupakan wilayah maritim yang dikelilingi samudera.

Sebagai kesimpulan wilayah kepulauan Indonesia yang berbentuk perahu merupakan kendaraan rakyat Indonesia dalam mengarungi samudera yang luas menuju kemakmuran bangsa Indonesia. Sungguh semua itu adalah tugas kita bersama sebagai penduduk "Perahu Indonesia" untuk saling menjaga agar perahu tidak karam.
Semoga Bermanfaat


source : http://www.setandanpisang.com/




PERHATIAN..!!

Untuk cara downloadnya Anda akan diarahkan ke adf.ly kemudian tunggu 5 detik dan cari tombol SKIP AD yang berada di sebelah kanan atas monitor anda.

Artikel Terkait

Penulis: Rudy Susetyahadi ~ FREE DOWNLOAD SOFTWARE FULL|TIPS AND TRICK|WINDOWS|BLOGGER|INTERNET|NOKIA|ANDROID

Artikel Kepulauan Indonesia Berbentuk Perahu Pinisi ini dipublish oleh Rudy Susetyahadi pada hari January 25, 2012.Semua Artikel yang saya buat tanpa ada maksud untuk "menggurui" ataupun menjadi orang yang "sok pintar", Manusia tidak ada yang sempurna karena sesungguhnya kesmpurnaan itu hanya ALLAHU S.W.T. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

:: Get this widget ! ::

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahakan berkomentar yang baik dan sopan karena blog ini adalah Blog Dofollow. "Anda Sopan Kami Segan"

Komentar Tidak akan di Tampilkan dan Akan dihapus jika :
» Menyisipkan Link dalam komentar / Meyertakan Nama Blog dalam Komentar. (jangan Menulis Blog anda dalam komentar, karna itu adalah SPAM) tidak akan di tampilkan dan akan di hapus
» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara,Kasar,Pornografi,Caci Maki (yg Bukan dari Mulut Manusia) Menyinggung.dll)
» Duplikat komentar(komen yang sama)
» Pertanyaan/komentar tidak berkaitan dengan artikel